Berita Terbaru

Plt Bupati Sidoarjo, Raperda PUG Untuk 2025, Bentuk Dukungan Pemkab Untuk Kesetaraan Gender


Foto:RadarCNNnews.my.id | Informasi: Imam

Sidoarjo, RadarCNNnews.my.ud - Plt. Bupati Sidoarjo Subandi  menegaskan komitmennya dalam mendukung pengarusutamaan gender (PUG) di Kabupaten Sidoarjo. Ia menyampaikan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan daerah di Kabupaten Sidoarjo. 


“Pengarusutamaan gender bukan hanya isu sosial, tetapi juga strategi penting untuk mencapai kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh," ucapnya saat Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Sidoarjo pada Rabu (17/7/2024).


Ia juga menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan organisasi non-pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan gender.


"Nantinya, program pelatihan keterampilan bagi perempuan untuk memfasilitasi partisipasi mereka dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi dan politik akan terus kami gencarkan, bekerjasama dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait," jelasnya. 


Ia berharap, dengan langkah-langkah ini, perempuan di Sidoarjo dapat berkontribusi lebih besar dalam pembangunan diantaranya dalam sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, budaya, hingga politik. 


"Saya harap Sidoarjo dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengimplementasikan pengarusutamaan gender dan menciptakan masyarakat yang lebih inklusif," harapnya. 



Untuk diketahui, dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023 Kabupaten Sidoarjo berhasil mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA). Di tahun 2023 tersebut, indeks pembangunan gender (IPG) di Kabupaten Sidoarjo mencapai angka 94,72 persen atau peringkat ke 7 di Jawa Timur atau naik dari sebelumnya di tahun 2022 sebesar 94,68 persen. ( Red/Imam)




Editor:Oji Baguss 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *