Berita Terbaru

Tak Boleh Jualan Di Lingkungan Sekolah, Puluhan PKL Di Jombang Sambat Ke Dinas Pendidikan



Foto:RadarCNNnews.my.id | Informasi:Irwani

Jombang, RadarCNNnews.my.id - Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kabupaten Jombang datangi kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang pada Jumat (9/8/2024).
 
Kedatangan puluhan PKL yang tergabung Serikat Pedagang Kaki Lima (Spekal) Jombang itu menyampaikan keluhan karena dilarang berjualan di sekitar sekolah.
 
Joko Fattah Rochim Ketua Spekal Jombang yang mewakili para pedagang menghadap ke Disdikbud mengatakan, para pedagang dibawah naungannya ini mengeluh karena dilarang berjualan oleh beberapa satuan pendidikan.
 
"Jadi kami ke dinas untuk menyampaikan aspirasi mewakili teman-teman PKL, terutama PKL yang ada di Utara Brantas. Mereka ini kerap kali dilarang oleh para guru dan kepada sekolah berjualan di lingkungan sekolah," ucapnya.
 
Menurut Fattah, ia tidak bisa menyebut satuan lembaga pendidikan mana saja yang melarang para pedagang berjualan di lingkungan sekolah.
 
"Para pedagang ini sangat dirugikan, bersaing memang tidak ada masalah.

Apalagi teman-teman ini jualannya diluar sekolah, yang dijual juga berbeda dengan yang ada di kantin sekolah," katanya.
 
Para pedagang yang dilarang berjualan ini rata-rata pedagang yang menjual jajanan anak-anak seperti pedagang es, pentol dan jajanan lainnya. 

"Jualannya juga tidak sama, ada yang jualan es, jualan pentol. Kami berusaha menyampaikan kepada dinas agar mengimbau satuan pendidikan terkait untuk menindaklanjuti perihal isu ini," ujarnya.
 
Fattah melanjutkan, memang pihak Dinas Pendidikan tidak melarang, sehingga keputusan dari beberapa satuan pendidikan di bawah naungan dinas yang melarang para pedagang berjualan di luar sekolah.

"Karena itu hari ini kami datang untuk melakukan audiensi, meminta agar dari dinas bisa menghimbau kepada lembaga pendidikan dibawah naungan untuk menindaklanjuti keluh kesah para pedagang ini," ungkapnya.

"Dinas Pendidikan tidak melarang, namun ini intern lembaga pendidikan yang melarang, ini terlalu over. Harapannya tidak ada lagi larangan berjualan disekolah semua di Kabupaten Jombang," pungkas Fattah (Red/Irwaniumam)





Editor:Oji Baguss 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *