Berita Terbaru

Aksi Terang-terangan Pengangsu BBM Subsidi di Situbondo Jatim , Seolah Kebal Hukum


Foto : RadarCNNnews.my.id | Informasi: Tim


SitubondoRadarCNNnews.my.id – Maraknya aksi pembelian BBM bersubsidi jenis Solar dalam jumlah besar yang diduga kuat ilegal semakin merajalela di wilayah hukum Polres Kabupaten Situbondo! Pembelian yang dilakukan dengan istilah "pengangsuan" ini berlangsung secara terang-terangan tanpa mengenal waktu, seolah para pelakunya kebal hukum!


Tim Investigasi Media dari Hukumkriminal.com, MitraMabesTNIPolri.com, Berita Tempo, Radar CNN News, Info Jatim News, dan Busercyber.com menemukan pelanggaran mencolok di SPBU 54.683.08 yang berlokasi di Jl Banyuwangi - Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Para "pengangsu" menggunakan armada sepeda motor yang dipasangi karung rengkek, membawa jeriken plastik dengan kapasitas hingga 30 liter. Tak tanggung-tanggung, setiap armada bisa membawa 2 hingga 6 jeriken sekaligus!


Ketika dikonfirmasi, salah satu operator SPBU berinisial "M" hanya tersenyum sinis, seakan menganggap remeh pelanggaran berat yang jelas-jelas melanggar SOP Pertamina dan hukum yang berlaku. Sikap serupa juga diperlihatkan oleh para pengangsu yang enggan berkomentar saat ditanya mengenai kesadaran mereka bahwa aktivitas pengangsuan yang mereka lakukan—terutama dengan mengisi BBM secara mandiri—jelas-jelas ilegal dan melanggar aturan hukum.


Tindakan ini telah menabrak berbagai aturan hukum, mulai dari SOP PT Pertamina Persero, UU RI No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, Perpres No. 191 Tahun 2014 tentang penyediaan dan pendistribusian BBM, hingga Keputusan Menteri ESDM No. 37.K/HK.02/MEM.M/2022. Para pelaku bisa terancam hukuman pidana hingga 4 tahun penjara dan denda maksimum Rp40 miliar!


Kasus ini menimbulkan pertanyaan besar: apakah aparat hukum dan Pertamina menutup mata atau bahkan terlibat dalam praktik kotor yang merugikan rakyat ini? 


( Red // Tim investigasi )






Editor: Tim Oji Baguss 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *