Berita Terbaru

Warga Mengeluh Pembangunan Saluran Air yang Ditengarai Kurang Maksimal


Foto:
RadarCNNnews.my.id | Informasi:Aris

Sidoarjo, RadarCNNnews.my.id — Drainase memiliki peran yang penting di perkampungan padat penduduk. Dengan sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, diantaranya kemungkinan banjir.

Sepeti yang dikeluhkan warga RT 04 dan 05/RW 1 Desa Sidokepung Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo mengenai banjir yang terjadi setiap musim hujan.

Kondisi itu lantaran saluran air yang di tepi jalan tidak dapat mengalir banyak yang buntu. Akibatnya air tidak bisa mengalir ke lokasi saluran lebih besar.

Pak Mat (bukan nama sebenarnya) kepada Media RadarCNNnews.my.id, Rabu, 7 Mei 2024 mengatakan, saat pembangunan saluran air di akhir tahun 2023 yang mengarah ke belakang, diduga tidak ada pengawasan dan kurang maksimal.

"Iya mas, saluran di jalan kecil dan banyak yang tersumbat, malah bangun saluran di belakang yang besar, kan gak imbang,“pungkasnya.

Terus ya begini mas akibatnya, saluran air di jalan tidak mampu menampung air ketika hujan. “Genangan air masih terjadi, mestinya pemerintah desa lebih mengutamakan got/ saluran yang di jalan biar tidak banjir,“ lanjut pak Mat.

Kami sebagai masyarakat mohon supaya pemerintah desa bisa memetakan pembangunan fisik mana yang lebih memberikan dampak signifikan, supaya tak terkesan hanya buang- buang anggaran,“tandasnya.

Saat tim investigasi media RadarCNNnews.my.id diajak melihat bangunan saluran air yang mengarah ke belakang, diketahui memang ada papan kegiatan yang telah terpasang.


Sedikit ada kejanggalan di papan informasi kegiatan, tidak mencantumkan volume pekerjaan proyek. Di papan juga tidak menyebutkan sumber anggaran yang telah digunakan, terlihat hanya menyebutkan anggaran tahun 2023.

Mengenai volume pekerjaan yang tidak dicantumkan lebar dan panjang proyek, diduga memang sengaja untuk menutupi masyarakat, padahal nilai pengadaan Rp 125.000.000. (Red/Aris).






Editor: Oji Baguss

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *