Sidoarjo, RadarCNNnews.my.id - 5 November 2024 Meningkatnya keluhan dari pelanggan air PDAM (Delta Tirta) Kabupaten Sidoarjo, khususnya dari wilayah Kecamatan Taman dan Kecamatan Waru, menyoroti masalah besar dalam pelayanan. Para pelanggan terus mengeluhkan air yang kotor, mengandung endapan dan jentik-jentik nyamuk, serta aliran air yang sering mati dan macet. Namun, tanggapan dari PDAM dinilai sangat minim, bahkan terkesan menghindari interaksi dengan masyarakat dan wartawan.
LSM ICON RI, yang menerima berbagai pengaduan dari pelanggan kecewa, melakukan investigasi langsung. Salah satu pelanggan, Bu Syd, mengungkapkan kekesalannya. "Air sering macet, keluarnya kecil sekali. Buat mandi saja harus menunggu berjam-jam, tapi tagihan bulanan harus tepat waktu. Kalau telat, meteran langsung disegel," ungkapnya, Senin (4/11/2024).
Tim dari LSM ICON RI mendatangi kantor PDAM Sidoarjo di Jalan Pahlawan Sidokumpul, berharap dapat bertemu dengan Humas PDAM, IF. Namun, tim justru diarahkan ke wakilnya, AZ, yang ternyata juga tidak mau ditemui. “Kami menunggu berjam-jam, menghubungi melalui WhatsApp, tapi tidak diangkat-angkat. Akhirnya kami pulang dengan kecewa,” ujar Adi dari LSM ICON RI.
Adi menambahkan, “Kami sebagai lembaga kontrol sosial sangat kecewa dan merasa dipermainkan oleh pihak PDAM Delta Tirta. Sebagai perusahaan daerah, mereka seharusnya terbuka dan kooperatif terhadap keluhan masyarakat.”
Ketua Umum LSM ICON RI, Ramot Batubara, juga mengecam perilaku Humas PDAM. “Ini bentuk ketidakpedulian yang sangat mengecewakan. Sebagai perusahaan daerah, PDAM Delta Tirta seharusnya kooperatif, apalagi terhadap rekan-rekan media dan lembaga yang datang dengan itikad baik untuk menyampaikan keluhan masyarakat,” tegasnya.
LSM ICON RI bersama rekan-rekan media berencana untuk melakukan aksi konfirmasi massal ke Kepala PDAM Delta Tirta Sidoarjo guna menuntut tanggapan tegas dan solusi konkret atas permasalahan ini.(Red/Tim)
Editor: Moses JF
« Prev Post
Next Post »